Sertifikasi Guru 2013

Sertifikasi Guru 2013
Sertifikasi Guru 2013 - Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. Pelaksanaan sertifikasi guru merupakan salah satu wujud implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Pelaksanaan sertifikasi guru telah dilaksanakannya sejak tahun 2007, dan pada tahun 2013 merupakan tahun ketujuh pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan.

Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2013

Terkait dengan pelaksanaan sertifikasi guru 2013, sebagai panduan dan informasi kepada semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan sertifikasi guru 2013, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BADAN PSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2013.

Pedoman penetapan peserta yang disebut juga dengan Buku 1 ini merupakan bagian dari lima paket buku pedoman sertifikasi guru dalam jabatan. Adapun keempat buku lainnya yaitu :

- (Buku 2) Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru
- (Buku 3) Pedoman Penyusunan Portofolio
- (Buku 4) Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), dan
- (Buku 5) Pedoman Pelaksanaan Uji Kompetensi

Buku 1 pedoman penetapan peserta sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2013 ini mempunyai tujuan sebagai acuan bagi pihak terkait dalam melakukan proses penetapan peserta sertifikasi guru secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan serta memberikan informasi kepada masyarakat luas agar dapat memantau pelaksanaan penetapan peserta sertifikasi guru di wilayahnya.

Buku 1 pedoman penetapan peserta ini juga secara rinci menjelaskan kriteria dan proses penetapan peserta sertifikasi guru 2013. Pedoman ini memberikan informasi kepada semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan sertifikasi guru tentang beberapa hal, seperti alur sertifikasi guru, sasaran peserta, persyaratan peserta, proses penetapan peserta sertifikasi guru, prosedur operasional standar, jadwal pelaksanaan sertifikasi guru tahun 2013 dan informasi lainnya. selengkapnya silahkan kunjungi link ini untuk menemukan file Buku 1 pedoman penetapan peserta sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2013.

sergur.kemdiknas.go.id | Informasi Peserta Sertifikasi Guru

Sergur.kemdiknas.go.id merupakan layanan atau situs resmi sertifikasi guru Kemdiknas yang memberikan informasi setifikasi guru. Melalui situs sertifikasi guru yang beralamat di http://sergur.kemdiknas.go.id ini, bisa ditemukan dan melihat informasi setifikasi guru seperti Persyaratan Peserta, Urutan Rangking Calon Peserta, Prioritas Mengisi Kuota, Beberapa aktifitas yang harus dilakukan Guru, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan LPMP, serta informasi lainnya terkait sertifikasi guru.

Bagi para calon peserta sertifikasi guru 2013 yang ingin terus mendapatkan informasi terkait sertifikasi guru 2013 ini, tentunya harus lebih sering untuk mengunjungi situs resmi informasi sertifikasi guru dari kemendiknas yang beralamat di http://sergur.kemdiknas.go.id ini.